Standar Operasional Prosedur (SOP)

1. SOP ADMINISTRASI MANAJEMEN

1. PM MANAJEMEN RESIKO Unduh File
 2. PM PENGENDALIAN DOKUMEN Unduh File
 3. PM PENGENDALIAN ARSIP Unduh File
 4. PM KOMUNIKASI Unduh File 
 5. PM ASSESMENT INTERNAL Unduh File 
 6. PM TINJAUAN MANAJEMEN Unduh File 
 7. PM PENGENDALIAN OUTPUT TIDAK SESUAI   Unduh File 
8. PM EVALUASI KEPUASAN PELANGGAN Unduh File

 

 

2. SOP ADMINISTRASI KEPANITERAAN

No

Nama Formulir

No. Formulir

Revisi

Tanggal Terbit

Download

1.

SOP. Layanan Informasi berbasis IT

SOP/AP/01

04

25/10/2018

Unduh File 

2.

SOP. Pos Bantuan Hukum (Posbakum)

SOP/AP/02

04

25/10/2018

 Unduh File

3.

SOP. Layanan Sidang Diluar Gedung Pengadilan

SOP/AP/03

04

25/10/2018

 Unduh File

4.

SOP. Layanan Penerimaan Perkara

SOP/AP/04

04

25/10/2018

 Unduh File

5.

SOP. Panjar Biaya Perkara

SOP/AP/05

04

25/10/2018

 Unduh File

6.

SOP. Layanan Sidang Terpadu

SOP/AP/06

04

25/10/2018

 Unduh File

7.

SOP. Penetapan Majelis Hakim (PMH)

SOP/AP/07

04

25/10/2018

 Unduh File

8.

SOP. Penunjukan Panitera Pengganti

SOP/AP/08

04

25/10/2018

 Unduh File

9.

SOP. Penunjukan Jurusita/Jurusiat Pengganti

SOP/AP/09

04

25/10/2018

 Unduh File

10.

SOP. Penetapan Hari Sidang (PHS)

SOP/AP/10

04

25/10/2018

 Unduh File

11.

SOP. Pemanggilan Para Pihak

SOP/AP/11

04

25/10/2018

 Unduh File

12.

SOP.  Layanan Pemanggilan Tergugat/Termohon yang tidak diketahui tempat tinggalnya dalam Perkara Perkawinan

SOP/AP/12

04

25/10/2018

 Unduh File

13.

SOP.  Layanan Pemanggilan Tergugat/Termohon yang tidak diketahui tempat tinggalnya selain Perkara Perkawinan

SOP/AP/13

04

25/10/2018

 Unduh File

14.

SOP.  Layanan Pemanggilan Tergugat/Termohon yang berada di Luar Negeri

SOP/AP/14

04

25/10/2018

 Unduh File

15.

SOP.  Layanan Permohonan Bantuan Panggilan/ Pemberitahuan ke Pengadilan Agama Lain

SOP/AP/15

04

25/10/2018

 Unduh File

16.

SOP.  Layanan Permohonan Bantuan Panggilan/ Delegasi dari Pengadilan Agama Lain

SOP/AP/16

04

25/10/2018

 Unduh File

17.

SOP. Kegiatan Persidangan

SOP/AP/17

04

25/10/2018

 Unduh File

18.

SOP. Layanan Mediasi

SOP/AP/18

04

25/10/2018

 Unduh File

19.

SOP.  Layanan Pemanggilan Saksi yang tidak bersedia Hadir

SOP/AP/19

04

25/10/2018

 Unduh File

20.

SOP.  Layanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Saksi ke Pengadilan Agama Lain

SOP/AP/20

04

25/10/2018

 Unduh File

21.

SOP.  Layanan Mohon Bantuan Pemeriksaan Saksi dari Pengadilan Agama Lain

SOP/AP/21

04

25/10/2018

 Unduh File

22.

SOP.  Layanan Pemeriksaan Setempat

SOP/AP/22

04

25/10/2018

 Unduh File

23.

SOP.  Mohon Bantuan Pemeriksaan Setempat (PS) dari Pengadilan Agama Lain

SOP/AP/23

04

25/10/2018

 Unduh File

24.

SOP.  Mohon bantuan Pemeriksaan Setempat (PS) ke Pengadilan Agama Lain

SOP/AP/24

04

25/10/2018

 Unduh File

25.

SOP. Layanan Tambahan Panjar Biaya Perkara

SOP/AP/25

04

25/10/2018

 Unduh File

26.

SOP. Permohona  Sita Jaminan

SOP/AP/26

04

25/10/2018

 Unduh File

27.

SOP. Sita Buntut

SOP/AP/27

04

25/10/2018

 Unduh File

28.

SOP.  Layanan Permohonan Sita Harta Bersama Tanpa Perkara

SOP/AP/28

04

25/10/2018

 Unduh File

29.

SOP. Layanan Pemberitahun Isi Putusan

SOP/AP/29

04

25/10/2018

 Unduh File

30.

SOP. Layanan Pengelolaan Uang Sisa Panjar

SOP/AP/30

04

25/10/2018

 Unduh File

31.

SOP.  Layanan Penyerahan Salinan Putusan Pertama Kepada Para Pihak

SOP/AP/31

04

25/10/2018

 Unduh File

32.

SOP. Layanan Pengembalian Kutipan Akta Nikah

SOP/AP/32

04

25/10/2018

 Unduh File

33.

SOP. Layanan Ikrara Talak

SOP/AP/33

04

25/10/2018

 Unduh File

34.

SOP. Layanan Penerbitan, Penyerahan Akta Cerai

SOP/AP/34

04

25/10/2018

 Unduh File

35.

SOP.  Layanan Pengiriman Petikan Salinan Putusan ke KUA. dan Dukcapil

SOP/AP/35

04

25/10/2018

 Unduh File

36.

SOP. Layanan Permintaan Produk Pengadilan

SOP/AP/36

04

25/10/2018

 Unduh File

37.

SOP.  Layanan Perkara Ekonomi Syariah yang memenuhi syarat dengan Pemeriksaan Sederhana

SOP/AP/37

04

25/10/2018

 Unduh File

38.

SOP.  Layanan Penerimaan Perkara Ekonomi Syariah dengan Acara Sederhana tidak memenuhi syarat

SOP/AP/38

04

25/10/2018

 Unduh File

39.

SOP.  Layanan Upaya Hukum Keberatan dalam perkara Ekonomi Syariah dengan Acara Sederhana yang melewati batas waktu

SOP/AP/39

04

25/10/2018

 Unduh File

40

SOP.  Layanan Upaya Hukum Keberatan dalam perkara Ekonomi Syariah dengan Acara Sederhana yang memenuhi batas waktu

SOP/AP/40

04

25/10/2018

 Unduh File

41.

SOP. Layanan Banding

SOP/AP/41

04

25/10/2018

 Unduh File

42.

SOP. Layanan Kasasi

SOP/AP/42

04

25/10/2018

 Unduh File

43.

SOP.  Layanan Kasasi yang tidak memenuhi syarat formal dengan alasan melebihi batas waktu

SOP/AP/43

04

25/10/2018

 Unduh File

44.

SOP. Layanan Kasasi yang tidak memenuhi syarat formal dengan alasan tidak mengajukan memori kasasi

SOP/AP/44

04

25/10/2018

 Unduh File

45.

SOP. Layanan Peninjauan Kembali (PK)

SOP/AP/45

04

25/10/2018

 Unduh File

46.

SOP. Layanan Prodeo Tingkat Pertama

SOP/AP/46

04

25/10/2018

 Unduh File

47.

SOP. Layanan Prodeo Tingkat Banding

SOP/AP/47

04

25/10/2018

 Unduh File

48.

SOP. Layanan Prodeo Tingkat Kasasi

SOP/AP/48

04

25/10/2018

 Unduh File

49.

SOP.  Layanan Pembebasan Biaya Perkara pada tingkat pertama

SOP/AP/49

04

25/10/2018

 Unduh File

50.

SOP.  Layanan Pembebasan biaya perkara pada tingkat Banding

SOP/AP/50

04

25/10/2018

 Unduh File

51.

SOP.  Layanan Pembebasan Biaya Perkara di Tingkat Kasasi

SOP/AP/51

04

25/10/2018

 Unduh File

52.

SOP. Layanan Permohonan Eksekusi Riil

SOP/AP/52

04

25/10/2018

 Unduh File

53.

SOP.  Layanan permohonan eksekusi pembayaran Sejumlah Uang

SOP/AP/53

04

25/10/2018

 Unduh File

54.

SOP.  Layanan permohonan eksekusi pembayaran Sejumlah selain putusan Pengadilan Agama dengan Lelang

SOP/AP/54

04

25/10/2018

 Unduh File

55.

SOP.  Layanan permohonan eksekusi ke Pengadilan Agama Lain

SOP/AP/55

04

25/10/2018

 Unduh File

56.

SOP. Layanan Mohon bantuan eksekusi dari Pengadilan Agama Lain

SOP/AP/56

04

25/10/2018

 Unduh File

57

SOP. Layanan Permohonan Konsinyasi

SOP/AP/57

04

25/10/2018

 Unduh File

58.

SOP. Layanan Permohonan Isbat Rukyah Hilal

SOP/AP/58

04

25/10/2018

 Unduh File

59.

SOP. Layanan Pengarsipan

SOP/AP/59

04

25/10/2018

 Unduh File

60.

SOP. Layanan Pelaporan Perkara

SOP/AP/60

04

25/10/2018

 Unduh File

61.

SOP. Layanan Pengaduan

SOP/AP/61

04

25/10/2018

 Unduh File

62.

SOP.  Layanan Permohonan Perceraian PNS, TNI dan POLRI.

SOP/AP/62

04

25/10/2018

 Unduh File

63.

SOP.  Layanan Permohonan Pendaftaran Surat Kuasa khusus

SOP/AP/63

04

25/10/2018

 Unduh File

64.

SOP. Layanan Permohonan Isbat Nikah Volunter

SOP/AP/64

04

25/10/2018

 Unduh File

65.

SOP. Layanan Pengelolaan ZATK. Perkara

SOP/AP/65

04

25/10/2018

 Unduh File

66.

SOP. Layanan Pengelolaan Keuangan Perkara

SOP/AP/66

04

25/10/2018

 Unduh File

67.

SOP. Layanan Pengelolaan Sisa Panjar

SOP/AP/67

04

25/10/2018

 Unduh File
68. SOP. Pendaftaran Perkara Gugatan/Gugatan Sederhana SOP/AP/68 04 04/09/2017 Unduh File
69. SOP. Permohonan Pendaftaran Perkara Permohonan SOP/AP/69 04 04/09/2017 Unduh File
70. SOP. Penerbitan Akta Banding, Penerbitan Memori dan Kontra Memori Banding SOP/AP/70 04 04/09/2017 Unduh File
71. SOP. Penerbitan Akta Kasasi, Penerbitan Memori dan Kontra Memori Kasasi SOP/AP/71 04 04/09/2017 Unduh File
72. SOP. Penerbitan Akta PK, Penerbitan Memori dan Kontra Memori PK SO/AP/72 04 04/09/2017 Unduh File
73. SOP. Penerbitan Salinan Putusan SOP/AP/73 04 04/09/2017 Unduh File
74. SOP. Penerbitan Memori/Kontra Memori Banding, Kasasi dan PK SOP/AP/74 04 04/09/2017 Unduh File
75. SOP. Penerimaan Permohonan Pencabutan Banding, Kasasi dan PK SOP/AP/75 04 04/09/2017 Unduh File
76. SOP. Pendaftaran Surat Kuasa SOP/AP/76 04 04/09/2017 Unduh File
 77. SOP. Penyelesaian Perkara  SOP/AP/77 04  04/09/2017 Unduh File
 78. SOP. Layanan Penerbitan dan Penyerahan Akta cerai  SOP/AP/78 04 04/09/2017  Unduh File
 79. SOP. Penyususnan Inovasi SOP/AP/79  04  04/09/2017 Unduh File
80.  SOP. Layanan Administrasi Perkara Secara Elektronik  SOP/AP/80 03 04/09/2017  Unduh File

 

3. SOP ADMINISTRASI KESEKRETARIATAN  

No Nama SOP Kode Dokumen Tgl. Pembuatan Revisi Tanggal Revisi Unduh File

Sub Bagian Kepegawain, Organisasi dan Tata Laksana

1 SOP Pelaksanaan Orientasi SOP/AS/01 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
2 SOP Pengembangan Pegawai SOP/AS/02 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
3 SOP Ijin Belajar SOP/AS/03 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
4 SOP Pengelolaan Data Pegawai SOP/AS/04 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
5 SOP Pengelolaan Kartu Pegawai SOP/AS/05 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
6 SOP Pengelolaan Absensi Pegawai SOP/AS/06 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
7 SOP Pengelolaan Cuti Pegawai SOP/AS/07 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
8 SOP Pengelolaan Kenaikan Pangkat SOP/AS/08 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
9 SOP Kenaikan Gaji Berkala SOP/AS/09 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
10 SOP Pengelolaan Ijin Kawin SOP/AS/10 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
11 SOP Pengelolaan Pensiun SOP/AS/11 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
12 SOP Pemberian Nilai Kepada Pegawai SOP/AS/12 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
13 SOP Izin Keluar Kantor SOP/AS/13 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
14 SOP Pemberian Penghargaan Kepada Pegawai SOP/AS/14 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
15 SOP Pelaporan Harta Kekayaan Pegawai dan Pejabat Negara SOP/AS/15 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
16 SOP Pengelolaan Tata Naskah Dinas SOP/AS/16 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File

Sub Bagian Umum dan Keuangan

17 SOP Penanganan Surat Keluar SOP/AS/17a 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
18 SOP Penanganan Surat Masuk SOP/AS/17b 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
19 SOP Pengelolaan Arsip Aktif SOP/AS/18 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
20 SOP Penatausahaan Asset SOP/AS/19 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
21 SOP Penatausahaan Persediaan SOP/AS/20 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
22 SOP Pemeliharaan Lingkungan dan Keamanan SOP/AS/21 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
23 SOP Pelaksanaan Kehumasan dan Protokol SOP/AS/22 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
24 SOP Pemberian Informasi SOP/AS/23 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
25 SOP Pengelolaan Perpustakaan SOP/AS/24 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
26 SOP Pencairan Anggaran SOP/AS/25 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
27 SOP Pertanggungjawaban Anggaran SOP/AS/26 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
28 SOP Penatausahaan PNBP SOP/AS/27 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
29 SOP Penyususnan Laporan Keuangan SOP/AS/28 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File

Sub Bagian Perencanaan, IT dan Pelaporan

30 SOP Penyusunan RKAKL SOP/AS/29 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
31 SOP Penyusunan SAKIP SOP/AS/30 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
32 SOP Penyusunan Laporan Tahunan SOP/AS/31 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File
33 SOP Pengelolaan IT SOP/AS/32 04/09/2017 04 09/09/2020  Unduh File

 

4. MITIGASI TANGGAP DARURAT

Pengertian Mitigasi Bencana

adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana).

Bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Bencana berdasarkan sumbernya dibagi menjadi tiga, yaitu:

  1. Bencana alam, adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa/serangkaian peristiwa oleh alam
  2. Bencana nonalam, adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa/serangkaian peristiwa nonalam
  3. Bencana sosial, adalah bencana yang diakibatkan oleh peristiwa/serangkaian peristiwa oleh manusia

      Bencana alam juga dapat dikelompokkan sebagai berikut:

  1. Bencana alam meteorologi (hidrometeorologi). Berhubungan dengan iklim. Umumnya tidak terjadi pada suatu tempat yang khusus
  2. Bencana alam geologi. Adalah bencana alam yang terjadi di permukaan bumi seperti gempa bumi, tsunami, dan longsor

Penyebab bencana alam di Indonesia:

  1. Posisi geografis Indonesia yang diapit oleh dua samudera besar
  2. Posisi geologis Indonesia pada pertemuan tiga lempeng utama dunia (Indo-Australia, Eurasia, Pasifik)
  3. Kondisi permukaan wilayah Indonesia (relief) yang sangat beragam

Mitigasi Bencana

Tujuan mitigasi bencana

  1. Mengurangi dampak yang ditimbulkan, khususnya bagi penduduk
  2. Sebagai landasan (pedoman) untuk perencanaan pembangunan
  3. Meningkatkan pengetahuan masyarakat dalam menghadapi serta mengurangi dampak/resiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman

Beberapa kegiatan mitigasi bencana di antaranya:

  1. pengenalan dan pemantauan risiko bencana;
  2. perencanaan partisipatif penanggulangan bencana;
  3. pengembangan budaya sadar bencana;
  4. penerapan upaya fisik, nonfisik, dan pengaturan penanggulangan bencana;
  5. identifikasi dan pengenalan terhadap sumber bahaya atau ancaman bencana;
  6. pemantauan terhadap pengelolaan sumber daya alam;
  7. pemantauan terhadap penggunaan teknologi tinggi;
  8. pengawasan terhadap pelaksanaan tata ruang dan pengelolaan lingkungan hidup

Robot sebagai perangkat bantu manusia, dapat dikembangkan untuk turut melakukan mitigasi bencana. Robot mitigasi bencana bekerja untuk mengurangi resiko terjadinya bencana.

Contoh robot mitigasi bencana diantaranya:

  1. robot pencegah kebakaran
  2. robot pendeteksi tsunami
  3. robot patroli/pemantau rumah atau gedung

Berdasarkan siklus waktunya, kegiatan penanganan bencana dapat dibagi 4 kategori:

  1. kegiatan sebelum bencana terjadi (mitigasi)
  2. kegiatan saat bencana terjadi (perlindungan dan evakuasi)
  3. kegiatan tepat setelah bencana terjadi (pencarian dan penyelamatan)
  4. kegiatan pasca bencana (pemulihan/penyembuhan dan perbaikan/rehabilitasi)

Contoh upaya dalam mitigasi bencana

  • Mitigasi Bencana Tsunami

adalah sistem untuk mendeteksi tsunami dan memberi peringatan untuk mencegah jatuhnya korban.

Ada dua jenis sistem peringatan dini tsunami, yaitu:

  1. Sistem peringatan tsunami internasional
  2. Sistem peringatan tsunami regional

Berikut adalah contoh video mengenai mitigasi tsunami

Mitigasi Tsunami

Mitigasi Bencana Gunung Berapi

  1. Pemantauan aktivitas gunung api. Data hasil pemantauan dikirim ke Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (DVMBG) di Bandung dengan radio komunikasi SSB.
  2. Tanggap darurat
  3. Pemetaan, peta kawasan rawan bencana gunung berapi dapat menjelaskan jenis dan sifat bahaya, daerah rawan bencana, arah penyelamatan diri, pengungsian, dan pos penanggulangan bencana gunung berapi.
  4. Penyelidikan gunung berapi menggukanan metode geologi, geofisika, dan geokimia
  5. Sosialisasi, yang dilakukan pada pemerintah daerah dan masyarakat

Mitigasi Bencana Gempa Bumi

# Sebelum Gempa

  1. Mendirikan bangunan sesuai aturan baku (tahan gempa)
  2. Kenali lokasi bangunan tempat Anda tinggal
  3. Tempatkan perabotan pada tempat yang proporsional
  4. Siapkan peralatan seperti senter, P3K, makanan instan, dll
  5. Periksa penggunaan listrik dan gas
  6. Catat nomor telepon penting
  7. Kenali jalur evakuasi
  8. Ikuti kegiatan simulasi mitigasi bencana gempa

# Ketika Gempa

  1. Tetap tenang
  2. Hindari sesuatu yang kemungkinan akan roboh, kalau bisa ke tanah lapang
  3. Perhatikan tempat Anda berdiri, kemungkinan ada retakan tanah
  4. Turun dari kendaraan dan jauhi pantai.

# Setelah Gempa

  1. Cepat keluar dari bangunan. Gunakan tangga biasa
  2. Periksa sekitar Anda. Jika ada yang terluka, lakukan pertolongan pertama.
  3. Hindari banugnan yang berpotensi roboh.
  4. Mitigasi Tanah Longsor
  5. Hindari daerah rawan bencana untuk membangun pemukiman
  6. Mengurangi tingkat keterjalan lereng
  7. Terasering dengan sistem drainase yang tepat
  8. Penghijauan dengan tanaman berakar dalam
  9. Mendirikan bangunan berpondasi kuat
  10. Penutupan rekahan di atas lereng untuk mencegah air cepat masuk
  11. Relokasi (dalam beberapa kasus)

Mitigasi Banjir

Sebelum Banjir

  1. Penataan daerah aliran sungai
  2. Pembangunan sistem pemantauan dan peringatan banjir
  3. Tidak membangun bangunan di bantaran sungai
  4. Buang sampah di tempat sampah
  5. Pengerukan sungai
  6. Penghijauan hulu sungai

# Saat Banjir

  1. Matikan listrik
  2. Mengungsi ke daerah aman
  3. Jangan berjalan dekat saluran air
  4. Hubungi instansi yang berhubungan dengan penanggulangan bencana

# Setelah Banjir

  1. Bersihkan rumah
  2. Siapkan air bersih untuk menghindari diare
  3. Waspada terhadap binatang berbisa atau penyebar penyakit yang mungkin ada
  4. Selalu waspada terhadap banjir susulan

Contoh siklus manajemen bencana:

dm cycle bencana

Tahap prabencana dapat dibagi menjadi kegiatan mitigasi dan preparedness (kesiapsiagaan). Selanjutnya, pada tahap tanggap darurat adalah respon sesaat setelah terjadi bencana. Pada tahap pascabencana, manajemen yang digunakan adalah rehabilitasi dan rekonstruksi.

Tahap prabencana meliputi mitigasi dan kesiapsiagaan. Upaya tersebut sangat penting bagi masyarakat yang tinggal di daerah rawan bencana sebagai persiapan menghadapi bencana. Kesiapsiagaan adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengantisipasi bencana melalui pengorganisasian.

Tanggap darurat bencana adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan dengan segera pada saat kejadian bencana untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan.

Tahap pascabencana meliputi usaha rehabilitasi dan rekonstruksi sebagai upaya mengembalikan keadaan masyarakat pada situasi yang kondusif, sehat, dan layak sehingga masyarakat dapat hidup seperti sedia kala sebelum bencana terjadi, baik secara fisik dan psikologis.

Mitigasi Bencana Pada Pengadilan Agama Mataram

Sebelum Gempa

  1. Mendirikan bangunan sesuai aturan baku (tahan gempa)
  2. Kenali lokasi bangunan tempat Anda tinggal
  3. Tempatkan perabotan pada tempat yang proporsional
  4. Siapkan peralatan seperti senter, P3K, dll
  5. Periksa penggunaan listrik dan gas
  6. Catat nomor telepon penting
  7. Kenali jalur evakuasi

- Tanda jalur evakuasi pada Kantor Pengadilan Agama Mataram telah disiapkan pada lokasi-lokasi yang mudah dilihat

- Jika terjadi gempa semua orang yang berada didalam ruangan maupun halaman kantor segera berlari menuju titik kumpul sesuai jalur evakuasi yang telah dibuat

- Ikuti kegiatan simulasi mitigasi bencana gempa

# Ketika Gempa

  1. Tetap tenang
  2. Hindari sesuatu yang kemungkinan akan roboh, kalau bisa ke tanah lapang
  3. Perhatikan tempat Anda berdiri, kemungkinan ada retakan tanah
  4. Turun dari kendaraan dan jauhi pantai.

# Setelah Gempa

  1. Cepat keluar dari bangunan. Gunakan tangga biasa
  2. Periksa sekitar Anda. Jika ada yang terluka, lakukan pertolongan pertama.
  3. Hindari bangunan yang berpotensi roboh.
  4. Mitigasi Tanah Longsor
  5. Hindari daerah rawan bencana untuk membangun pemukiman
  6. Mengurangi tingkat keterjalan lereng
  7. Terasering dengan sistem drainase yang tepat
  8. Penghijauan dengan tanaman berakar dalam
  9. Mendirikan bangunan berpondasi kuat
  10. Penutupan rekahan di atas lereng untuk mencegah air cepat masuk
  11. Relokasi (dalam beberapa kasus)

 



 

 

 Hubungi Kami

   Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.

   Jl. Langko, No. 3, Mataram, NTB

   Telp : (0370) 621324

   Fax : (0370) 621324

   Website : www.pa-mataram.go.id

   Email : pa.mataram@yahoo.co.id

Tautan Web

 Mahkamah Agung RI

 Badan Pengawasan MA-RI

 Badan Urusan Administrasi MA-RI 

 Kepaniteraan MA-RI 

 Badan Peradilan Agama MA-RI

 Balitbangdiklatkumdil MA-RI 

 JDIH Mahkamah Agung 

 Direktori Putusan MA-RI

Tautan Web

Info Perkara PA.

   SIPP PA Mataram

   SIPP PA Girimenang

   SIPP PA Praya

   SIPP PA Selong