HOME BERITA HALAL BIHALAL DAN PERESMIAN RUANG PELAYANAN TERPADU

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.

  Upacara Peringatan Hari Pahlawan  Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.  ...

Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram

Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram    Pasca acara pelantikan dan pengucapan sumpah ...

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan KPA Mataram

PELANTIKAN DAN PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN SERTA SERAH TERIMA JABATAN KETUA PENGADILAN AGAMA MATARAM ...

PELAKSANAAN “CB”

PELAKSANAAN “CB”   Setelah mengalami 2 (dua) kali penundaan, akhirnya hari Selasa tangga...

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA    Pembinaan bekala untuk internal Hak...

  • Upacara Peringatan Hari Pahlawan Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.

    Senin, 12 November 2018 04:46
  • Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram

    Jumat, 28 September 2018 00:45
  • Pelantikan dan Serah Terima Jabatan KPA Mataram

    Rabu, 26 September 2018 02:57
  • PELAKSANAAN “CB”

    Rabu, 01 Agustus 2018 08:33
  • PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

    Kamis, 19 Juli 2018 05:46

PERESMIAN RUANG PELAYANAN TERPADU

DAN HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR PENGADILAN AGAMA MATARAM

Mataram, 29 Juni 2018

 

             Jum’at (29/06/18) bertepatan dengan 15 Syawal 1439 H, Pengadilan Agama Mataram menyelenggarakan acara Halal Bihalal yang dirangkaikan dengan peresmian ruang pelayanan terpadu satu atap (one stop service). Acara tersebut dihadiri oleh KPTA, WKPTA, dan Sekretaris PTA NTB, KPA Giri Menang, serta segenap keluarga besar PA Mataram. Tepat sekitar pukul 08.00 KPTA NTB beserta rombongan tiba di PA Mataram dan disambut langsung oleh KPA Mataram, kemudian didampingi untuk melihat serta meninjau perubahan tata ruang khusunya yang berkaitan dengan area pelayanan publik yang lebih representativ dan tidak satu pintu dengan para pencari keadilan.

 


             Perubahan tata ruang tersebut merupakan hasil dari berbagai pembinaan dan pengawasan baik internal maupun eksternal serta sebagai wujud dari implementasi Reformasi Birokrasi dalam upaya peningkatan pelayanan publik.

 

             Acara dimulai sekitar pukul 09.00 dan dibuka oleh sambutan dari KPA Mataram Yusuf Effendi, S.H., dalam sambutan tersebut beliau menyampaikan beberapa hal terkait dengan perubahan tata ruang pelayanan public yang telah direncanakan dan dibuat terpusat diruang basement yang meliputi ruang posbakum, ruang pendaftaran, ruang kasir, meja informasi, dan dalam waktu dekat bila anggaran terpenuhi akan dibuat ruang pengaduan, sehingga masyarakat pencari keadilan dapat dengan mudah mengakses informasi dan mendapatkan pelayanan sesuai dengan yang mereka butuhkan dan aparat peradilan juga tidak lagi satu pintu dengan para pencari keadilan. Lebih lanjut beliau juga menyampaikan, dengan tata ruang yang baru maka akan mengefektifkan kembali 3 ruang sidang dan merubah susunan majelis yang semula hanya dua majelis yang bersidang setiap harinya kini sejak tanggal 2 Juli 2018 akan ada 3 majelis yang bersidang setiap harinya. 

 

               Usai sambutan dari KPA Mataram, dilanjutkan dengan Pembinaan dari KPTA NTB Bapak Dr. H. Ahmad Fadlil Sumadi, S.H., M. Hum. Dalam pembinaanya beliau menyampaikan dua hal yakni : Pelayanan Pengadilan dan Materi terkait Idul Fitri.

            KPTA mendefinisikan tentang pelayanan pengadilan merupakan suatu institusi yang menyelenggarakan pelayanan kepada masyarakat yang mana bentuk pelayanannya berbeda dengan institusi lainnya, karena perbedaan itu menjadi asas hukum dalam pelaksanaannya, misalnya institusi lainnya seperti pengacara pelayanannya bersifat aktif, sedangkan Pengadilan pelayanannya bersifat pasif, yang mana para pencari keadilan harus aktif untuk mendapatkan pelayanan dengan datang langsung ke Kantor Pengadilan Agama untuk mendapatkan pelayanan yang mereka butuhkan. Berdasarkan hal tersebut, maka sudah seharusnya Pengadilan Agama terus berbenah dan melakukan upaya peningkatan baik ruang pelayanan publik yang representative maupun peningkatan informasi yang mengikuti perkembangan teknologi informasi yang dapat diakses oleh masyarakat pencari keadilan sebagai upaya memberikan pelayanan yang memuaskan (excellent service). Sasaran pelayanan yang ada dipegadilan Agama saat ini bukan hanya para pencari keadilan saja, melainkan juga harus menyentuh kepentingan stake holder yakni para pemangku kepentingan yang terkait dengan Pengadilan Agama, misalnya dalam memberikan pelayanan terkait permohonan data baik dari BPS, Universitas, dan instansi lainnya.

 

Pembahasan selanjutnya terkait dengan idul fitri. Menurut KPTA NTB beliau memaknai idul fitri itu dengan 3 hal yakni, silaturrahim, berbagi dan saling memaafkan, yang mana hal tersebut mempunyai relevansi dan harus bisa direfleksikan dalam melaksanakan tupoksi sebagai aparat penegak hukum yang bertanggung jawab dan berdedikasi terhadap tugas yang diemban.

            Acara dilanjutkan dengan siraman rohani terkait tema halal bihala yang dsampaikan oleh WKPA Mataram Drs. Abd. Salam, S.H.,M.H.

Dalam ceramah singkat beliau menyampaikan tentang asal muasal istilah halal bihalal yang merupakan bagian dari adat istiadat yang biasanya dilaksanakan setelah hari raya idul fitri yang bertujuan untuk menyambung tali silaturrohim antar keluarga, kerabat serta handai taulan. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan do’a yang dipimpin oleh H. Zabidi, S.H., dan diteruskan dengan peresmian ruang pelayanan terpadu satu atap yang ditandai dengan pemotongan pita oleh KPTA NTB. Diakhir acara KPTA NTB menyerahkan sertifikat Reformasi Birokrasi kepada KPA Mataram dan KPA Giri Menang. Acara dilanjutkan dengan mushofahah.

           

  

 

 

Video PA Mataram

Personil PA Mataram
images/profil/01.jpg
images/profil/04.jpg
images/profil/05.jpg
images/profil/06.jpg
images/profil/07.jpg
images/profil/08.jpg
images/profil/09.jpg
images/profil/10.jpg
images/profil/11.jpg
images/profil/13.jpg
images/profil/14.jpg
images/profil/15.jpg
images/profil/17.jpg
images/profil/18.jpg
images/profil/19.jpg
images/profil/20.jpg
images/profil/21.jpg
images/profil/22.jpg
images/profil/23.jpg
images/profil/24.jpg
images/profil/25.jpg
images/profil/26.jpg
images/profil/27.jpg
images/profil/28.jpg
images/profil/30.jpg
images/profil/31.jpg
images/profil/32.jpg
images/profil/33.jpg
images/profil/34.jpg
images/profil/35.jpg
images/profil/36.jpg
images/profil/37.jpg
images/profil/38.jpg
images/profil/39.jpg
images/profil/40.jpg
images/profil/41.jpg
images/profil/42.jpg
images/profil/43.jpg
images/profil/44.jpg
images/profil/45.jpg
images/profil/46.jpg
images/profil/48.jpg
images/profil/49.jpg
images/profil/50.jpg
images/profil/51.jpg
images/profil/54.jpg
images/profil/55.jpg
images/profil/56.jpg
images/profil/57.jpg
images/profil/58.jpg
images/profil/59.jpg
images/profil/60.jpg
images/profil/61.jpg
images/profil/62.jpg
images/profil/63.jpg
images/profil/64.jpg
images/profil/65.jpg
images/profil/66.jpg
images/profil/67.jpg
images/profil/68.jpg
images/profil/69.jpg
images/profil/70.jpg
images/profil/72.jpg
JAM LAYANAN

 

Polling
Apa yang menarik dari web kami
 
Pengunjung Online
Kami memiliki 13 Tamu online
Pengunjung Kami
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini232
mod_vvisit_counterKemarin224
mod_vvisit_counterMinggu Ini936
mod_vvisit_counterBulan Ini4405
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1644388
Intranet



Tabayun Online