HOME Penanganan Pengaduan

Upacara Peringatan Hari Pahlawan Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.

  Upacara Peringatan Hari Pahlawan  Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.  ...

Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram

Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram    Pasca acara pelantikan dan pengucapan sumpah ...

Pelantikan dan Serah Terima Jabatan KPA Mataram

PELANTIKAN DAN PENGUCAPAN SUMPAH JABATAN SERTA SERAH TERIMA JABATAN KETUA PENGADILAN AGAMA MATARAM ...

PELAKSANAAN “CB”

PELAKSANAAN “CB”   Setelah mengalami 2 (dua) kali penundaan, akhirnya hari Selasa tangga...

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA    Pembinaan bekala untuk internal Hak...

  • Upacara Peringatan Hari Pahlawan Di Pengadilan Agama Mataram Kelas 1.A.

    Senin, 12 November 2018 04:46
  • Rapat Pembinaan Perdana KPA Mataram

    Jumat, 28 September 2018 00:45
  • Pelantikan dan Serah Terima Jabatan KPA Mataram

    Rabu, 26 September 2018 02:57
  • PELAKSANAAN “CB”

    Rabu, 01 Agustus 2018 08:33
  • PEMBINAAN BERKALA INTERNAL HAKIM DAN PANIETRA

    Kamis, 19 Juli 2018 05:46

PENGADUAN

MEKANISME PENGADUAN

 alt 

  1. SISTEM INFORMASI PENGAWASAN (SIWAS) atau WHISTLE BLOWING SYSTEM adalah sistem penanganan pengaduan di Mahkamah Agung berdasarkan Peraturan Mahkamah Agung No.9/2016 Tentang Pedoman Penanganan Pengaduan (whistleblowing System) di Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang berada dibawahnya.
  2. Setiap orang yang menemukan indikasi adanya pelanggaran terhadap Kode Etik dan pedoman perilaku hakim, panitera, jurusita dan pegawai aparatur sipil negara dapat melaporkan melalui SIWAS di  https:/siwas.mahkamahagung.go.id.
  3. Laporan akan ditindaklanjuti Bawas dan proses penanganannya dapat dipantau secara mandiri melalaui Aplikasi atau Smartphone.
  4. Identitas pelapor aman dan dirahasiakan.

 

SIWAS, Komitmen Mahkamah Agung  untuk meningkatkan pengawasan dan membasmi segala bentuk praktik-praktik pelanggaran atas laporan yang mengandung informasi atau indikasi terjadinya pelanggaran terhadap Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim, Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku Panitera , juru sita, kode perilaku pegawai Aparatur Sipil Negara, Pelanggaran hukum acara atau pelanggaran terhadap disiplin Pegawai Negeri Sipil , atau peraturan disiplin militer, mal administrasi, pelayanan publik atau pelanggaran pengelolaan keuangan dan Barang milik Negara, yang peluncuran SIWAS dilaksanakan pada hari, Kamis, 29 September 2016 di Balairung Mahkamah Agung.

“Berbeda dengan aturan yang lama, Perma Nomor 9 Tahun 2016 mengatur lebih luas definisi Pelapor -untuk juga meliputi baik internal warga peradilan maupun eksternal masyarakat umum- diberi jalur untuk melaporkan dugaan pelanggaran, ketidakjujuran dan pelanggaran kode etik yang dilakukan aparatur peradilan,”

Kalau dulu sebelum Perma no.9/2016 ketentuan mengenai penanganan Pengaduan di atur dalam keputusan KMA No.076/KMA/SK/VI/2009 melalui layanan pesan singkat(SMS) dan SK.KMA No.216/2011 Tentang SMS pengaduan yang hanya berlaku bagi aparat Internal MA dan Peradilan dibawahnya, sertabersifat manual sehingga bisa 1 orang diperiksa dobel,(sekarang KMA No.076/2009 dan KMA.No216/2011 dinyatakan dicabut dan tidak berlaku). Tapi dengan Perma No.9/2016 penanganan Pengaduan Terintegrasi dan Tersentralisasiserta Pengaduan dapat disampaikan melalui :

·         Aplikasi SIWAS MA-RI pada situs Mahkamah Agung,

·         Layanan pesan singkat(SMS)

·         Surat elektronik(e-mail),

·         Faksimile,

·         Telepon,

·         Meja Pengaduan,

·         Surat dan atau

·         Kotak Pengaduan.


MEKANISME PENGADUAN DUGAAN PELANGGARAN YANG DILAKUKAN OLEH HAKIM DAN PEGAWAI

a.Sumber pengaduan :

(1)Dari masyarakat :

-Para pencari keadilan;
-Pengacara;
-Lembaga bantuan hukum;
-Lembaga swadaya masyarakat;
-Dewan perwakilan rakyat;
-Sekretariat kepresidenan dan wakil presiden;
-Kantor menteri pendayagunaan aparatur negara;
-Komisi pemberantasan korupsi;
-Komisi hokum nasional;
-Komisi ombudsman nasional;
-Komisi yudisial;
-Dan lain-lain.

(2)Pengaduan dari internal lembaga pengadilan.Pengaduan ini ditujukan terhadap aparat lembaga peradilan, yang diajukan oleh warga lembaga peradilan sendiri (termasuk keluarganya)

3)Laporan kedinasan.
Laporan kedinasan ini merupakan laporan resmi dari pimpinan lembaga peradilan mengenai aparat pengadilan yang dipimpinnya.

(4)Informasi dari :

-Instansi lain;
-Media massa;
-Isu yang berkembang.

b.Pengaduan ditujukan kepada lembaga peradilan;
c.Proses penanganan pengaduan

(1)Pencatatan;
(2)Penelaahan;
(3)Penyaluran;
(4)Pembentukan Tim Pemeriksa;
(5)Survey pendahuluan;
(6)Menyusun rencana pemeriksaan;
(7)Pelaksanaan pemeriksaan

TAHAP PEMERIKSAAN ATAS PENGADUAN

Pelaksanaan pemeriksaan dilaksanakan dengan urutan sebagai berikut :

a.Memeriksa pengadu, meliputi :

-Indentitas pengadu;
-Relepansi kepentingan pengadu;
-Penjelasan lengkap tentang hal yang diadukannya;
-Bukti-bukti yang dimiliki pengadu.

b.Memeriksa pihak-pihak yang terkait.Pihak lain yang dapat diajukan oleh pengadu untuk menguatkan dalil-dalilnya, maupun atas inisiatif tim memeriksa untuk kepentingan melakukan klarifikasi maupun konfirmasi mengenai pengaduan tersebut.
c.Memeriksa pihak yang diadukan, meliputi :

-Identitas;
-Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan secara singkat;
-Klarifikasi atas hal yang dilaporkan.

d.Memeriksa pihak lain yang diajukan oleh pihak yang diadukan, yaitu pihak yang dapat menguatkan dalil-dalilnya.
e.Memeriksa surat-surat dan dokumen dengan teliti dan seksama, dibuat foto kopinya dan dilegalisir.
f.Mengkonfrontir antara pengadu dengan pihak yang diadukan, atau pihak lainnya (apabila diperlukan).
g.Melakukan pemeriksaan lapangan (bila diperlukan).

Tata Cara Pengaduan Pada Pengadilan Agama Mataram

Pengaduan pada PENGADILAN AGAMA MATARAM dapat anda sampaikan :

Secara lisan

  1. Melalui telepon (0370) 621324
  2. Datang langsung ke Meja Informasi di kantor Pengadilan Agama Mataram yang beralamat di Jalan Langko No. 3 Mataram,
  3. Untuk pengaduan secara lisan, mohon dilakukan pada jam kerja pukul 08.00-16.30

Secara tertulis

  1. Menyampaikan surat resmi yang ditujukan kepada pimpinan dalam hal ini Ketua Pengadilan Agama Mataram, dengan cara diantar langsung ke Meja Informasi di Kantor Pengadilan Agama Mataram, dikirim melalui faxsimile (0370) 633160, atau melalui pos ke alamat kantor di Jalan Langko No. 3 Mataram.
  2. Melalui e-mail : Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya
  3. Membuat pengaduan secara langsung melalui website : https://siwas.mahkamahagung.go.id (Catatan : Pengaduan secara tertulis wajib dilengkapi fotokopi identitas dan dokumen pendukung lainnya seperti dokumen lainnya yang berkaitan dengan pengaduan yang akan disampaikan)
  4. Melalui pesan singkat SMS Gateway  ke Nomor 083129796817

Penerimaan Pengaduan oleh Pengadilan Agama Mataram

  1. Pengadilan Agama Mataram akan menerima setiap pengaduan yang diajukan oleh masyarakat baik secara lisan maupun tertulis
  2. Pengadilan Agama Mataram akan memberikan penjelasan mengenai kebijakan dan prosedur penyelesaian pengaduan pada saat masyarakat mengajukan pengaduan
  3. Pengadilan Agama Mataram akan memberikan tanda terima, jika pengaduan diajukan secara tertulis
  4. Pengadilan Agama Mataram hanya akan menindaklanjuti pengaduan yang mencantumkan identitas pelapor
Video PA Mataram

Personil PA Mataram
images/profil/01.jpg
images/profil/04.jpg
images/profil/05.jpg
images/profil/06.jpg
images/profil/07.jpg
images/profil/08.jpg
images/profil/09.jpg
images/profil/10.jpg
images/profil/11.jpg
images/profil/13.jpg
images/profil/14.jpg
images/profil/15.jpg
images/profil/17.jpg
images/profil/18.jpg
images/profil/19.jpg
images/profil/20.jpg
images/profil/21.jpg
images/profil/22.jpg
images/profil/23.jpg
images/profil/24.jpg
images/profil/25.jpg
images/profil/26.jpg
images/profil/27.jpg
images/profil/28.jpg
images/profil/30.jpg
images/profil/31.jpg
images/profil/32.jpg
images/profil/33.jpg
images/profil/34.jpg
images/profil/35.jpg
images/profil/36.jpg
images/profil/37.jpg
images/profil/38.jpg
images/profil/39.jpg
images/profil/40.jpg
images/profil/41.jpg
images/profil/42.jpg
images/profil/43.jpg
images/profil/44.jpg
images/profil/45.jpg
images/profil/46.jpg
images/profil/48.jpg
images/profil/49.jpg
images/profil/50.jpg
images/profil/51.jpg
images/profil/54.jpg
images/profil/55.jpg
images/profil/56.jpg
images/profil/57.jpg
images/profil/58.jpg
images/profil/59.jpg
images/profil/60.jpg
images/profil/61.jpg
images/profil/62.jpg
images/profil/63.jpg
images/profil/64.jpg
images/profil/65.jpg
images/profil/66.jpg
images/profil/67.jpg
images/profil/68.jpg
images/profil/69.jpg
images/profil/70.jpg
images/profil/72.jpg
JAM LAYANAN

 

Polling
Apa yang menarik dari web kami
 
Pengunjung Online
Kami memiliki 27 Tamu online
Pengunjung Kami
mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari Ini232
mod_vvisit_counterKemarin224
mod_vvisit_counterMinggu Ini936
mod_vvisit_counterBulan Ini4405
mod_vvisit_counterTotal Pengunjung1644388
Intranet



Tabayun Online